Revisi Teknologi Pendidikan Islam


BOOK REVIEW

Judul Buku    : INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIS IN SCHOOLS (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SEKOLAH)
Pengarang     : John Daniel
Penerbit         : UNESCO
Topik              : HARDWARE COMPONENTS OF ICT
Halaman        : 37 – 56
Sub topik       : meliputi beberapa hal berikut:
perangkat keras, komponen tik, komputer,media penyimpanan, masukan dan alat hasil.
Dalam review ini akan dibahas mengenai perangkat keras computer yang terdapat pada halaman 37 - 56. Pada pembahasan terdapat 9 sub menu yang akan diulas; antara lain
1.    Computer
2.    Peralatan computer
3.    Penyimpanan
4.    Pemasukan data oleh manusia
5.    Pemasukan data visual
6.    Pemasukan data suara
7.    Penyaringan data pemasukan
8.    Pengeluaran
9.    Komunikasi
Dengan kemajuan era teknologi sekarang ini, tentu kita harus mampu menyikapi dengan bijak segala perkembangan yang ada. Dengan mengetahui hal – hal yang terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi kita diharapkan mampu menyusul kekurangan kita dan sarana pertimbangan pribadi terhadap kemajuan teknologi yang ada sekarang ini sedang menerpa kita. Kita boleh merasa senang akan perkembangan teknologi sekrang ini, tetapi jangan sampai kita kehilangan jati diri kita sebagai muslim yang selalu memberikian ruh dalam setiap pembelajaran. Dalam ulasan bab ini hanya sedikit mengenai perangkat keras computer. Dalam implementasinya tidak semua sekolah memiliki kemampuan dan sarana prasarana yang cukup dalam penggunaan tik. Terkadang masih ada beberapa SDM yang belum mampu dalam tahap mengaplikasikan tik dalam pembelajaran sekolah. Tentunya hal ini harus menjadikan perhatian pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui adopsi tik di sekolah – sekolah.



PERANGKAT KERAS
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Komputer adalah suatu pengolah informasi universal. Di dalam teori, semua pengolahan informasi bisa dilakukan oleh komputer tetapi, pada kenyataannya, ini tidaklah benar.
A.  CPU
Pengolahan informasi dilaksanakan oleh perangkat keras komputer. Komponen komputer yang paling utama adalah semikonduktor elektronik, mirip dengan komponen  radio atau TV, tetapi jauh lebih canggih. Banyaknya unsur-unsur elektronik di dalam komponen ini jumlanya jutaan. Unsur-Unsur ini bekerja sama untuk membentuk integrated sirkuit ( IC), yang biasanya dikenal sebagai microchip. Inti alat komputer, disebut  Unit Pengolahan Pusat (CPU), yang mengerjakan semua pengolahan informasi. IC utama di dalam CPU adalah  pengolah itu sendiri.
Kerja  komputer tergantung tidak hanya konstitusinya sebagai alat elektronik, tetapi juga pada informasi yang tersimpan di dalamnya atau menerimanya selagi  dalam pengoperasian. Informasi ini dianggap sebagai perintah kepada komputer   harus berbuat apa, dan disebut perangkat lunak. Informasi computer disimpan di dalam IC khusus, yang disebut gudang atau chip memori. Kecepatan komputer adalah faktor penting dalam  tampilannya yang diukur dengan MHZ.
B.  Monitor
Suatu komponen penting  komputer modern  yang digunakan oleh manusia (dan untuk alasan ini disebut komputer pribadi), adalah layar atau monitor. Monitor tidak hanya menampilkan informasi tetapi juga mendukung interaksi langsung. Sebagai contoh, jika kamu harus membuat suatu gambar teknis detil tertentu  dengan suatu komputer, kamu hanya menggerakkan tangan yang dilengkapi dengan satu dari banyak alat masukan, untuk menciptakan satu baris atau mengaktifkan suatu detil pada layar. Keseluruhan sistem penggunaan pergerakan phisik untuk memanipulasi informasi dan menyajikan manipulasi ini dalam layar intuitif yang disebut penghubung pengguna grafis.
C.  Koneksi

CPU dihubungkan dengan alat ICT lain via saluran komunikasi. Saluran komunikasi yang paling umum adalah suatu kabel tersambung ke dalam  komputer, dan  alat yang lainnya  pada salah satu ujungnya. Kabel dan stop kontak dapat menyebabkan permasalahan, termasuk ketidakcocokan stop kontak dalam kasus menghubungkan komputer dengan telepon lokal luar negeri. Suatu alternatif populer pada kabel adalah sambungan tanpa kabel ( frekwensi radio atau infra-merah). Untuk menyederhanakan presentasi grafis, kita tidak memasukkan kabel dalam gambar.
D.  Ukuran Komputer
Komputer yang ditempatkan di atas meja tulis seorang juru tulis, siswa, atau guru disebut komputer desktop. Kadang-kadang, komputer ditempatkan di bawah meja tulis dengan papan ketik dan monitor di atasnya. Komputer ini beratnya beberapa kilogram, dengan monitor sebagai komponen yang lebih berat. Komputer lain ringan dan mudah dibawa. Ukuran dan beratnya mudah dibawa dengan nyaman. Komputer yang ringan dan mudah dibawa disebut notebook/laptop. Laptop sekarang beratnya sekitar  1-4 kg. Semua komputer seperti itu  disebut komputer pribadi, atau PCs, karena dimaksudkan untuk pemakaian pribadi.

E.  Energi untuk komputer
Listrik diperlukan untuk menjalankan komputer dan alat yang terhubung dengannya. Konsumsi tenaga untuk komputer desktop adalah 100-500 watt. Di banyak negara, sumber daya ini tersedia secara luas, tetapi di negara lain masih menjadi masalah. Karenanya sumber tenaga alternatif seperti baterei matahari, generator angin, dan aki, seperti halnya suplai tenaga yang tidak dapat habis, sebaiknya dipertimbangkan dalam rencana  implementasi ICT.
Komputer jinjing dapat menggunakan arus listrik yang sama dengan komputer desktop. Bagaimanapun, hal itu jauh lebih menyenangkan untuk memiliki  komputer jinjing yang dapat berfungsi, dengan baterei yang bisa diisi kembali. Dalam pengisian kembali memerlukan waktu lebih sedikit dibanding waktu yang diperlukan computer untuk menghabiskan tenaganya, dan pengisian kembali dapat dilakukan selagi komputer digunakan.

Perangkat Pendukung
Untuk pemanfaatan terbaik ICT dalam pendidikan, guru memerlukan sejumlah alat yang bisa dihubungkan dengan komputer, dan ini dikenal sebagai perangkat pendukung. Kategori utama perangkat pendukung adalah alat untuk:
· Papan tombol alphanumeric, papan tombol musik, mikropon, perekam-tape, scanner, kamera foto digital, kamera video, dan sensor.
· Keluaran : monitor, pencetak, proyektor, headphone, speakers.
· Kontrol : motor, cahaya untuk kotak konstruksi robotics, dan sensor.
· Komunikasi : modem, komunikasi, satelit dan peralatan jaringan lokal, dan jaringan tanpa kawat.
Memiliki perangkat pendukung yang banyak dalam pendidikan adalah lebih penting dibanding banyaknya komputer..
Gudang/Penyimpanan
Informasi disimpan dalam memori atau sirkit memori terintegrasi atau memori chip. Bagaimanapun, ada cara-cara lain untuk menyimpan informasi. Ini arti berbeda dalam kapasitas ( jumlah informasi yang dapat disimpan) dan kecepatan akses ( seberapa cepat informasi dapat didapat kembali). Informasi yang disimpan dapat diambil kembali dan, dalam beberapa hal, dapat dirubah. Read-Only memori ( ROM) berarti bahwa pemakai tidak bisa merubah informasi yang didapat kembali. Di dalam kasus kebalikannya, memori bisa ditulis  kembali, disimpan pada perangkat keras komputer atau pada cakram jinjing. Ongkos penyimpanan informasi secara pasti dan cepat terkurangi. Alat penyimpanan sekarang ini adalah flash discs, pita magnetic, discs dan discs optic.
F.   Kartu Flash
Memori tambahan yang disebut kartu flash dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam komputer sekarang. Mereka tidak memerlukan baterei untuk memelihara informasi yang tersimpan. Kapasitas satu kartu hari ini sekitar 10MB sampai 1GB dan akses secara cukup cepat untuk aplikasi yang banyak sekali. Kartu flash secara luas digunakan dalam kamera digital dan aplikasi lain. Mereka dengan cepat menggantikan cakram .

Pita Magnetik
Pita Magnetik serupa dengan yang digunakan di dalam tape-recorder, dapat digunakan untuk penyimpanan informasi digital juga. Untuk membaca atau menulis informasi pada suatu pita, ada alat khusus yang serupa dengan pita perekam digunakan, yang disebut pengarah pita. Pengarah dapat di luar suatu komputer atau ditempatkan di dalam CPU. Kapasitas pita mencapai 10 GB dan bahkan lebih. Kecepatan akses, meskipun, lambat, dapat dikritik untuk  aplikasi tertentu , meskipun demikian ini adalah lebih sedikit penting untuk kebanyakan penggunaan sekolah. Pita magnetik dapat ditulisi kembali.

G.  Piringan Magnetik
Gagasan penyimpanan dalam piringan dapat ditelusuri balik ke gramaphone yang merekam pada awal abad 20. Informasi pada piringan itu tersimpan dalam wujud mekanik kecil (geometris) secara permanen merubah permukaan piringan. Sebagian versi penyimpanan dalam piringan masa kini menggunakan suatu prinsip magnetis yang serupa dengan pita, dan piringan ini dapat ditulisi kembali. Piringan dengan kapasitas sekitar 1MB yang disebut disket; kamu dapat memasukkannya ke dalam suatu pengarah ( disk drive), atau memindahkannya. Mungkin akan memerlukan waktu 1 menit bagi komputer untuk membaca dari atau menulis ke disket. Piringan terbaru mempunyai kapasitas sampai 1GB. Kompetisi dari kartu flash sangat kuat. Piringan dengan kapasitas yang lebih besar diatur oleh pengarah sendiri, dan ini umumnya disebut Piringan Keras. Kapasitasnya antara 10GB sampai 1000GB. Waktu akses piringan keras cukup cepat untuk kebanyakan aplikasi.

H.  Piringan Optik
Informasi dapat juga disimpan pada suatu piringan sebagaimana langkah-langkah optik. Prinsip ini dimanfaatkan dalam piringan ( CD), sekarang secara luas digunakan untuk penyimpanan musik. Kapasitas suatu CD-ROM kira-kira 1GB. Kecepatan akses mungkin tidak cukup cepat untuk beberapa aplikasi gambar hidup atau bunyi. Untuk menunjuk masalah ini, amati kecepatan yang berbeda yang ditandai pada  CD-DRIVES: 2x, 6x,... 48x... Suatu format baru CD-ROM yang disebut cakram serbaguna digital atau DVD, yang mirip dengan CD tetapi dapat menyimpan informasi 10GB atau lebih. CDS maupun DVDS bisa ditulisi  kembali sudah nampak beberapa tahun terakhir.
Gerakan manusia sebagai masukan
Cara yang paling umum pada informasi masukan ke dalam komputer adalah dengan tangan manusia melalui beberapa alat: papan tombol, mouse, tablet grafis, dan layar sentuh.
I.     Papan Tombol
Alat masukan yang paling utama untuk komputer yang sekarang ini adalah papan tombol, yang  melayani untuk masukan teks, dan, sebagian besar, meniru papan tombol mesin-tik. Komputer mempunyai banyak keuntungan di atas  mesin ketik, bahkan terlepas dari perangkat lunak yang lebih canggih dan aplikasi lain. Yang pertama untuk ini adalah bagaimana gampangnya membuat, merubah, menghapus atau menyisipkan kata atau ungkapan apapun. Yang berikutnya  kemampuan untuk mengcopy fragmen teks dan untuk memindahnya ke obyek manapun dengan- di dalam suatu teks, atau  teks yang lain , yang pada umumnya dikenal sebagai cut-and-paste. Touch-Typing ( tidak mengandalkan papan tombol dan penggunaan 10 jari) adalah suatu ketrampilan bermanfaat dalam kaitan dengan  bidang pendidikan hari ini. Para siswa dapat belajar touch-typing lebih cepat dari tulisan tangan; mereka dapat mengetik lebih cepat dari menulis; dan hasilnya lebih menarik dan lebih mudah untuk mengedit dan meninjau kembali.
Pekerjaan luas dengan papan tombol, bagaimanapun, kadang-kadang menyebabkan otot tegang dan memerlukan tindakan pencegahan khusus, para siswa dan guru  jarang peduli.
J.    Papan tombol musik
Papan tombol musik kelihatan seperti piano tradisional atau papan tombol group rock, hanya lebih kecil, dihubungkan dengan komputer, perangkat ini dapat digunakan sebagai tiruan dari piano.

K.  Mouse dan alternatifnya
Untuk menggerakkan object layar, kamu harus menunjuk, memilih, merebut, dan membukanya. Komputer masa kini, operasi ini umumnya dilaksanakan dengan suatu instrumen khusus, yang  menunjukkan obyek pada layar. Instrumen ini disebut mouse. Seperti anda memindahkan mouse, suatu obyek kecil ( suatu panah, sebagai contoh), yang disebut suatu cursor, bergerak pada layar.
L.  Layar sentuh
Alat yang dibahas di atas cukup intuitif tetapi tidak bisa dipisahkan dari obyek pada layar komputer. Jari tidak bisa menunjukkan benda sangat kecil di layar. akan tetapi, layar sentuh dapat bekerja baik dan banyak intuitif untuk anak-anak kecil,  tetapi tidak digunakan secara luas. Satu alasan untuk ini adalah harganya, yang lebih tinggi daripada layar biasa dan mouse.


M.Kamera
Kamera menyimpan atau memancarkan image visual. Kamera fotografis menyimpan image pada film photo untuk pengembangan kimia lebih jauh.  Sekarang ini, kamera digital dapat menyimpan image video juga.

N.  Scanner
Scanner nampak seperti mesin kopi,  tetapi lebih kecil dan biasanya bekerja lebih lambat. Selain menghasilkan salinan kertas image, scanner mengirimkan image dalam bentuk digital ke komputer. Scanner dapat digunakan untuk mengubah bentuk informasi dari sumber kertas - teks, image dari buku, gambar,  atau foto - ke image digital.
O.  Mikrofon
Mikrofon mengubah bentuk suara ke sinyal listrik untuk penyimpanan atau pengiriman. Informasi dikonversi oleh mikrofon ke sinyal listrik dapat dipancarkan melalui kabel atau sinyal tanpa kabel  ke alat lainnya.
P.   Rekaman suara
Suara dapat direkam dengan tape-recorder biasa. Untuk memproses suara dengan komputer, kamu perlu mengkonversikannya ke bentuk digital. Mikrofon dapat juga disambungkan ke komputer secara langsung. Dalam masalah ini, komputer sebagai alat perekam.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Supervisi Pendekatan Non Direktif

Analisis Strategis dalam Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan

Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1